Upacara HUT RI Ke-72 Ala Santri Al Hikam Bangkalan

Al Hikam, Kamis 17 Agustus 2017. Tanggal 17 Agustus merupakan Hari yang spesial bagi seluruh rakyat Indonesia, karena pada tanggal 17 Agustus itulah Bangsa Indonesia memproklamirkan diri sebagai Negara yang Merdeka. Tak mudah bagi para pejuang untuk menggapai kemerdekaan pada saat itu, dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar dari seluruh lapisan masyarakat. Ulama’ dan Santri juga sangat berperan dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, tak ayal Upacara dalam rangka HUT RI ke-72 ini juga sangat berarti bagi kalangan Santri.

Para Santri Al Hikam bergegas berkumpul di lapangan tepat pada jam 7.15 pagi di hari Kamis tanggal 17 Agustus 2017 dalam rangka Upacara memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-72. Kurang lebih 1500 santri dan Asatidz Diniyah serta guru Sekolah Formal berbaris memadati lapangan utama Pondok Pesantren Al Hikam dengan berpakaian ala santri, Santri Putra memakai pakaian Putih dan mengenakan sarung serta peci, sedangkan Santri Putri mengenakan Jas Almamater Merah dan mengenakan Rok serta kerudung Putih, ketika dilihat secara seksama barisan santri putra dan putri ini membentuk lambang negara kita yaitu bendera Merah Putih.

Dipimpin oleh Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam yaitu KH. Fathur Rohim A. Rahman yang merupakan adik dari pengasuh KH. Nuruddin A. Rahman para peserta upacara mengikuti rangkaian upacara secara Hikmat dan Khusyuk. Dalam pidato pembina upacara memberikan motivasi kepada para santri agar menanamkan jiwa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air Indonesia. Selain itu, beliau mengingatkan bahwa para pejuang kemerdekaan dahulu juga merupakan Ulama’ dan Santri, oleh karenanya kita di himbau untuk terus mengobarkan semagat berjuang demi menjaga kemerdekaan Indonesia dengan cara belajar, belajar dan belajar. Belajar yang dimaksud adalah belajar Ilmu Akhirat (agama) dan juga Ilmu Dunia (umum).

Sekitar jam 8.20 pagi Upacara dinyatakan selesai dan para anggota Upacara tidak langsung membubarkan diri, namun masih membentuk formasi Bendera Merah Putih. Kemeriahan Upacara HUT RI terus berlanjut dengan adanya Lomba Futsal yang diikuti beberapa group internal santri Al Hikam.

Salam MERDEKA !!! NKRI Harga Mati !!!

Comments

comments

Comments are closed.