Radar Madura – PP. Al Hikam Padukan IMTAQ dan IPTEK

Radar Madura – PP. Al Hikam Padukan IMTAQ dan IPTEK

Pengasuh bersama para Kepala Sekolah dan Wakilnya

 

PP Al Hikam yang terletak di Jalan Raya Perumnas 1, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, erat kaitannya dengan PP Mambaul Hikam. Sebab, Pengasuh PP Al Hikam KH Drs HM Nuruddin A. Rahman, SH adalah menantu KH Ach. Jamil Kafi. KH Drs HM Nuruddin A. Rahman yang merupakan suami Ny Hj Khoiriyah Djamil bahkan mengajar selama 20 tahun di PP Mambaul Hikam.

Pembangunan PP Al Hikam berawal dari keinginan mendirikan sebuah lembaga pendidikan berbasis menyatukan unsur ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta iman dan takwa (imtak). KH Drs HM Nuruddin A. Rahman kemudian membebaskan lahan di Jalan Raya Perumnas 1 seluas sekitar 7.000 meter persegi.

Yang dibangun kali pertama di lahan tersebut yaitu masjid pada 1996. Saat itu juga dibuka taman kanak-kanak (TK) dan MI dengan jumlah murid sekitar 40. Itulah yang menjadi cikal bakal dibangunnya PP Al Hikam pada 2003. Pondok tersebut berkembang pesat dan kian besar hingga saat ini.

PP Al Hikam kini memiliki santri yang menetap di asrama sekitar 1.300 putra dan putri. Sementara jika ditotal dengan murid yang hanya bersekolah tapi tidak mondok mencapai 1.700 orang. Lahan area PP Al Hikam saat ini luasnya mencapai 4 hektare.

Pendidikan di PP Al Hikam menggabungkan sistem pendidikan formal dan nonformal. PP Al Hikam juga mengedepankan kajian kitab kuning saat selesai salat Subuh dan Isya. Pada pagi hingga siang hari diajarkan pendidikan formal sesuai dengan kurikulum Kemenag. Sementara pada sore hari diajarkan pendidikan diniyah.

Unit pendidikan formal di PP Al Hikam yaitu pendidikan anak usia dini (PAUD) atau TK Alquran, MI, SMP, SMA, dan SMK. Pondok ini menggunakan sistem pendidikan lama yang baik dan mengadopsi sistem pendidikan baru yang lebih baik.

Pada bulan Ramadan santri diwajibkan kembali ke pondok selama 15 hari untuk mengikuti kajian dan hataman kitab kuning. Liburan di PP Al Hikam ada dua kali selama setahun, yaitu pada bulan Maulid dan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri. Fasilitas olahraga disediakan untuk santri pada hari libur pesantren, yaitu tiap Jumat.

Pendidikan di PP Al Hikam mengutamakan hubungan harmonis antara pengasuh, pendidik atau ustad, dengan santri. Dengan begitu, suasana belajar menjadi nyaman dan kondusif. PP Al Hikam berkomitmen melahirkan santri yang mampu bersaing di dunia global. ”PP Al Hikam bertujuan membentuk generasi muda yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral, dan tradisi salafussolih dengan mengedepankan paham ahlus sunnah wal jamaah,” ucap KH Drs HM Nuruddin A. Rahman.

Bangunan pondok PP Al Hikam memang didesain laiknya perumahan. Itu dilakukan untuk menghilangkan kesan angker di dunia pesantren. Di PP Al Hikam, santri dibiasakan dengan pola hidup bersih dan menjaga lingkungan hijau.

”Al Hikam ini merupakan pesantren plus karena fasilitasnya cukup bagus dan di-setting laiknya perumahan yang indah nan asri. Kami ingin menghilangkan kesan angker di pesantren,” kata kiai alumnus PP Alhamdaniyah Siwalan Panji Buduran Sidoarjo itu. (*/hud)

Comments

comments

Comments are closed.